Web Programming: Komponen Dasar

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Web Programming, bagi Anda yang baru mengenal istilah ini dan mau belajar tentang Web Programming jangan khawatir, gak usah bingung mari kita sama-sama belajar mengenai web programming ini. 

Belajar Web Programing untuk sekarang ini merupakan sesuatu yang sangat bermanfaat dan tentunya bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja, perkembangan dunia teknologi dan internet saat ini sangat mendukung bahkan memberi kesempatan yang luas bagi semua orang untuk mempelajari serta mendapatkan manfaat dari Web Programming, mungkin sempat terlintas pertanyaan  “apasih web programming itu?” ,“bikin web apa gimana ?” baiklah sepertinya Anda mulai penasaran mari kita mulai sekarang.

Dimulai dari salah satu pertanyaan tadi diatas “apasih web programming itu?”.. web Programming adalah istilah lain dari pemrograman web atau lebih umumnya bagaimana cara untuk membuat program web atau membangun sebuah web, disini kita akan belajar mengenai pengertian dan komponen dasar sebuah website. 

       A.    Website


                Website atau situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Web sendiri mempunyai beberapa kategori yaitu :

             1.      Berdasarkan keter-update-an isi web:
  • Web Statis
Website ini merupakan website yang isi tampilannya selalu sama dan tidak akan pernah berubah kapan pun kita melihatnya dengan tampilannya selalu tetap dan tidak terkoneksi dengan database.(jika tidak di-update). Website ini hanya memungkinkan user untuk melihat isi dan informasi website tersebut tanpa bisa melakukan interaksi. Yang bisa dilakukan user hanyalah mengklik image dan link yang ada untuk berpindah dari halaman satu ke halaman yang lain. Website ini biasanya hanya berisi tag-tag HTML murni, CSS dan java script sebagai scripting language-nya.
  • Web Dinamis 
    -Contoh Web Dinamis-
Website yang isi tampilannya tidak statis. Website ini dibagi menjdi 2 bagian yaitu:
1.)      Client Side Technology Client side Technology adalah teknologi web programming dimana script dijalankan komputer client, tanpa berinteraksi dengan server. Di client slide teknlogi ini, code script sangat bergantung pada browaser yang digunakan. Contoh script: java script, VB script, ActiveX Contorl, Java Applets.
2.)      Server Side Technology
Server Side Technology adalah teknologi web dengan script dijalankan di server, kemudian hasil dari pemrosesan itu kemudian dikirimkan ke client (browser) dalam bentuk HTML murni sehingga bisa ditampilkan oleh pengguna.
Keunggulan Server Side Technology: - Tidak tergantung pada browser - lebih aman, karena script di server tidak bisa dilihat browser - waktu load lebih cepat karena yang diunduh adalah dokumen HTML murni.
contoh script: PHP, ASP (Active Server Page), CGI (Common Gateway Interface).
Web Dinamis ini banyak sekali bertebaran di internet seperti Web Berita, Personal Blog, Toko Online/Web Pasng Iklan, dll.

             2.      Berdasarkan Fungsi

·         Website Personal yaitu situs yang digunakan untuk menceritakan tentang biografi diri, pengalaman pribadi, dsb (contoh : Blog Pribadi).
·         Website Komersial (Company Profile / Online Shop, biasa menggunakan .com, .co.id, dsb), yaitu situs yang dipakai untuk menunjukkan produk dan jasa suatu perusahaan, atau juga dapat melakukan transaksi penjualan online (dengan sistem shopping cart system).
·         Website Instansi/ Pemerintahan (di Indonesia menggunakan .gov.id), situs jenis ini hanya boleh dipakai untuk keperluan website pemerintahan yang resmi.
·         Website Non-Profit (biasanya menggunakan .org, .edu, dll), website jenis-jenis ini biasanya digunakan hanya untuk yayasan, sekolahan, dsb.

       B.     Web Browser 

-Rasaksa Browser Dunia-


Merupakan perangkat lunak wajib yang harus terdapat di komputer karena untuk menjalankan aplikasi web harus menggunakan web browser. Contohnya : Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Safari.

       C.     Web Server 
 
-Logo Beberapa Web Server-


Merupakan perangkat lunak wajib jika membuat sebuah halaman web dinamis, dalam web server semua script-script web yang dibuat diletakkan dengan menggunakan web server maka pembuat web dapat melakukan uji coba terhadap halaman-halaman web yang dibuat tanpa harus mencobanya di internet langsung (localhost). Contoh web server : IIS (internet information services), XAMPP, WAMPP, dan sebagainya.

       D.    Database Server
-Contoh Database Server-

Merupakan tempat penyimpan data dalam sebuah web. Contohnya : MySQL, Microsoft SQL Server, Oracle, DB2 (IBM), PostgreSQL.

       E.     Web Editor
-contoh tampilan web editor-


Merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengetikkan perintah-perintah script, baik dalam bentuk HTML, maupun php. Contoh web editor : Notepad, Adobe Dreamweaver.

       F.      Image Editor

-Image Editor-


Merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola gambar-gambar dan animasi yang nantinya akan digunakan di dalam halaman web yang akan dibuat. Contohnya : Adobe Photoshop, CorelDRAW, Adobe Flash.

Baik itulah pembahasan mengenai komponen-komponen pembangun sebuah website, yang merupakan langkah awal kita mempelajari web programing untuk materi selanjutnya yaitu mengenai Konsep Dasar Web>>.

Terimakasih sudah membaca, Saya ajak Anda untuk berbagi melalui komentar. Dan bila Anda merasa artikel ini bermanfaat, saya sangat berterima kasih bila Anda bisa membagikannya kepada teman .Sukses selalu!

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
  

1 komentar: